Nuclear For Impossible Country

Indonesia punya PLTN (Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir)?.
Bisakah pemerintah Indonesia merawat 'nuclear reactor' itu nantinya?.
Aku tidak yakin perawatan bakal semudah membangunnya.

Banyak contoh hasil pembangunan di negeri ini yang tidak dirawat dengan baik dan hanya jadi pajangan saja. Jalan raya yang baru diaspal mulus, beberapa hari saja sudah berlubang lagi. Lantas nuclear reactor itu nanti kalau nasib perawatannya seperti yang sudah-sudah, apa jadinya?.

Belum lagi tikus-tikus yang sekarang pasti sudah stand by berebut pole position terdepan untuk menghadapi project ambisius ini. Habis uang rakyat dimakan mereka.

Boleh-boleh saja punya PLTN asal tidak sedikitpun merugikan, aman dan memang tidak ada pilihan sumber tenaga yang lain. Tapi dalam kondisi sekarang sebaiknya pikirkan dulu nasib rakyat banyak. Efektifkan dana yang ada buat mengentas kemiskinan, membebaskan biaya pendidikan dan kesehatan. Agar kita pandai dan sehat supaya tidak mudah dibodohi dan ditipu. Agar kita dapat menjaga kedaulatan tanah air ini yang sekarang mulai digoyang lagi.

Proyek 13
Iwan Fals (album Cikal 1991)

Meskipun kurang paham tentang radiasi
Meskipun kurang paham tentang uranium
Meskipun kurang paham tentang plutonium
Ku tahu radioactive panjang usia

Aku tak tahu sampahnya ada dimana
Aku tak tahu pula cara menyimpannya
Aku tak yakin tentang pengamanannya
Karena kebocoran pun ada disana

Oh apa yang sesungguhnya sedang terjadi (4x)

Aku menolak akal yang tanpa hati
Aku menolak technology tanpa kendali
Aku tak mau mengijonkan masa depan
Demi listrik sedikit banyak keruwetan

Sama sekali ku tak anti technology
Tapi aku lebih percaya pada hati
Aku tahu listrik penting buat industry
Tapi industry jangan ancam masa depan

Oh apa yang sesungguhnya sedang terjadi (4x)

Daripada susah payah beli reactor
Daripada pusing karena sampah nuklir
Daripada malu kepada anak cucu
Aku bergerak menyanyikan kehidupan

Informasi tentang ini harus diberikan
Bahaya dunia maju harus disingkirkan
Rasa gengsi tak perlu diteruskan
Pembangunan PLTN harap hentikan

Oh apa yang sesungguhnya sedang terjadi (4x)

Apa yang akan terjadi nanti

Untuk listrik banyak memerlukan sumber energy
Pilihan itu tentu jadi kucurigai
Sebab di negeri maju reactor ditutupi
Bukan alasan agar Republic ini beli

Aku lebih suka tenaga matahari
Aku lebih suka tenaga panas bumi
Aku lebih suka dengan tenaga angin
Aku lebih suka tenaga arus laut

No comments:

Post a Comment

IWANFALSMANIA.COM -> 100% Iwan Fals. Ini bukan situs official.
Komentar di iwanfalsmania.com dimoderasi, harap maklum. Asal bukan spam dan keluarganya, pasti komen Anda kita tayangkan :).

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...