Pantun Koruptor

Ini adalah salah satu puisi populer karya Rendra. Puisi ini kali pertama dibacakan WS Rendra didepan publik yaitu ditengah Iwan Fals dan kawan-kawan menyanyikan lagu HIO dalam konser Merdeka yang berlangsung di Leuwinanggung 16 Agustus 2008.









Pantun Koruptor
WS Rendra

Kalau ada sumur di ladang
Jangan diintip gadis yang mandi
Koruptor akalnya panjang
Jaksa dan hakim diajak kompromi

Berburu ke padang datar
Mendapat janda belang di kaki
Koruptor sakit diijinkan pesiar
Uang rakyat dibawa lari

Berakit rakit ke hulu
Berenangnya kapan kapan
Maling kecil sakit melulu
Maling besar dimuliakan

Ur… Ur… Ur… Ur… Bada Ur…
Selendang sutra jingga
Aturan negara ngalor ngidul
Lantaran wakil rakyat korupsi juga

Hio… Hio… Hio… Hio…

Kura kura dalam perahu
Buaya darat didalam sedan
Wakil rakyat jangan ditiru
Korupsinya edan edanan

Si tukang riba disebut lintah darat
Si hidung belang disebut buaya darat
Pedagang banyak hutang itulah konglomerat
Mereka yang berhutang yang bayar lha kok rakyat?

Binatang bego itu kura kura
Binatang lamban juga kura kura
BBM naik rakyat sengsara
Uang bea cukai ditilep juga

Aduh aduh cantiknya si janda kembang
Sedang menyanyi si Jali Jali
Hujan emas di rantau orang
Hujan babu di negeri sendiri

Hio… Hio… Hio…
Ale… Ale… Ale…
Bakso… Bakso… Bakso…
Onde… Onde… Onde…

Mikul duwur mendem jero
Itu apa artinye?
Artinye…
Kalau ente jadi presiden
Berdosa boleh aje…..

5 comments:

  1. ha ha pantun yang cocok dengan kondisiindonesia saad ini

    ReplyDelete
  2. Nih lagu dinyanyiin malam 17 an kan bang?

    mo nanya bang...
    masalah konser tsb
    yang maen gitar elektrik... tuh siapa
    kalo gak salah dia pake tutup kepala,,, trus rambutnya gondrong

    then yang maen seruling siapa?

    mohon dijawab...

    ReplyDelete
  3. Jujur...!!!!!!!!! aku suka sama orang2 model bgini aku manusia anda manusia,,,aku sayang kmu,,,itulah kami...........

    ReplyDelete
  4. kapan akan di gelar konser Iwan Fals & Kantata Barrock kami menunggu kedatanganmu kawan perjuangan salam Anak Negeri Indonesia...

    ReplyDelete
  5. konser Kantata Barock pertama pada Desember 2011. Liputannya cek pada http://www.iwanfalsmania.com/search/label/2011%20-%20Kantata%20Barock

    ReplyDelete

IWANFALSMANIA.COM -> 100% Iwan Fals. Ini bukan situs official.
Komentar di iwanfalsmania.com dimoderasi, harap maklum. Asal bukan spam dan keluarganya, pasti komen Anda kita tayangkan :).

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...