Konser Iwan Fals Berpijak Yang Bijak

Konser Iwan Fals Berpijak Yang Bijak
Laporan dari: Ricky Fauzi
Foto: Rahmad Setiadi

Hari Sabtu 25 April 2009 konser bulanan Iwan Fals dirumahnya desa Leuwinanggung, Cimanggis – Depok, Jawa Barat berlangsung kembali. Kali ini konser tersebut mengambil tema "Berpijak Yang Bijak" memeriahkan perayaan hari bumi yang jatuh pada 22 April. Pada konser ini PT. Tiga rambu (perusahaan milik Iwan Fals) bekerjasama dengan lembaga pemerhati lingkungan hidup dunia yaitu WWF (Worldwide Fund for Nature) dan Greenpeace (organisasi pemerhati lingkungan dunia), yang sekaligus mereka mengkampanyekan hemat energi dan kelestarian hutan Indonesia.

Sejak pukul 2 siang penonton sudah berdatangan baik dari dalam maupun luar kota. Tepat pukul 15.30 wib acara dibuka dengan sambutan dari aktivis Greenpeace dan WWF yang di moderatori oleh Kresnowati (perwakilan Tiga Rambu). Dilanjutkan dengan pengumuman pemenang lomba foto Karyakita (lomba kreatifitas yang diadakan sebulan sekali).

Setelah itu para personil Iwan Fals & Band mulai naik ke Panggung Kita (nama tempat di lahan Iwan Fals yang digunakan untuk berbagai acara termasuk konser) membuka pertunjukan dengan membawakan lagu Hadapi Saja. Usai lagu itu dinyanyian, Iwan Fals berkata bahwa lagu tersebut untuk mengenang almarhum Galang yang meninggal bertepatan pada tanggal 25 april 1997, 12 tahun yang lalu. (Galang Rambu Anarki adalah putra pertama Iwan Fals yang meninggal dunia pada usia 16 tahun).

Kemudian konser dilanjutkan dengan lagu Bunga Kehidupan disambung dengan lagu-lagu bertemakan alam. Setelah beberapa lagu dibawakan, naik keatas panggung seorang bintang tamu yang juga kawan lama Iwan Fals dalam bemusik yaitu Jalu, pemain perkusi yang pernah bersama Iwan Fals membuat album Hijau. Kali ini Jalu mengiringi Iwan Fals dalam lagu Mencetak Sawah, Hijau dan Hama Wereng. Pada lagu Hijau Iwan Fals bersenandung, “hutan tidak hilang sendiri… hutan sedang dihancurkan… hentikan sekarang juga..!”.

Dan tepat pukul 17.00 wib, bintang tamu berikutnya naik ke panggung. Kali ini adalah penyanyi Dewi Sandra mantan istri penyanyi Glenn Fredly. Dia berkolaborasi dengan Iwan Fals menyanyikan lagu Kupu-Kupu Hitam Putih dan Nyanyianmu serta lagu miliknya sendiri yang berjudul Tak Ingin Lagi. Dewi Sandra juga memainkan gitar yang pengakuannya adalah warisan dari mantan suaminya, dan lagu ini dipersembahkan untuk yang selingkuh. Dia menyindir ex suaminya dengan kalimat, “Dewi Sandra no, Dewi Persik yes..!”. Sekedar mengingatkan kembali, pada konser bulanan edisi Maret 2009 ditempat yang sama, bintang tamunya adalah Glenn Fredly.

Waktu telah mendekati adzan Magrib dan hujan yang mengguyur tak mengurangi semangat penonton untuk tetap berjoget ditengah lapangan. Dan pagelaran ini dituntaskan dengan lagu dari kelompok Swami berjudul Esek Esek Udug Udug. Pada penutup diinformasikan konser bulanan berikutnya akan diadakan pada hari Sabtu, tanggal 30 Mei 2009, dengan tema PANJI-PANJI DEMOKRASI. Oke kawan, sampai bertemu pada konser bulanan selanjutnya. (rik/sb)

-------------------

Iwan Fals & Band
Berpijak Yang Bijak
Tempat: Panggung Kita – Leuwinanggung, Depok
Hari & Tanggal: Sabtu, 25 April 2009
Jam: 15.30 WIB
Bintang Tamu: Jalu dan Dewi Sandra

Daftar lagu:
1.Hadapi Saja, 2.Bunga Kehidupan, 3.Tak Biru Lagi Lautku, 4.Isi Rimba Tak Ada Tempat Berpijak Lagi, 5.Hutanku, 6.Si Tua Sais Pedati, 7.Sumbang, 8.Mencetak Sawah (feat. Jalu), 9.Hama Wereng (feat. Jalu), 10.Hijau (feat. Jalu), 11.Proyek 13, 12.Cendrawasih, 13.Pinggiran Kota Besar, 14.Berkacalah Jakarta, 15.Kupu-Kupu Hitam Putih (feat. Dewi Sandra), 16.Nyanyianmu (feat. Dewi Sandra), 17.Tak Ingin Lagi (Dewi Sandra), 18.Condet, 19.Esek-Esek Udug-Udug

Iwan Fals: vocal, gitar, harmonika
Heirrie Buchaery: bass
Cok Rampal: mandolin, gitar
Edi Daromi: keyboard
Sonata: gitar
Deni Kurniawan: drum

2 comments:

  1. Trim... n oke... langsung diupdate beritanya...:)

    ReplyDelete
  2. tks beritanya .kata para oi mania yg nonton, liputan disini malah lebih benar daripada di situs resmi. kok bisa ya? tanya kenapa?
    Bagai makanan, kadang yg dijual di kaki lima lebih lezat daripada di restoran.

    ReplyDelete

IWANFALSMANIA.COM -> 100% Iwan Fals. Ini bukan situs official.
Komentar di iwanfalsmania.com dimoderasi, harap maklum. Asal bukan spam dan keluarganya, pasti komen Anda kita tayangkan :).

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...