Konser Iwan Fals di Surabaya Oktober 2009

Dalam rangkaian tour TVS ke Jawa Timur, pada Sabtu, 24 Oktober 2009 Iwan Fals sebagai brand ambassador produk ini hadir di Surabaya. Tentu saja penampilan Iwan Fals sangat dinanti-nanti para penggemar dikota pahlawan dan sekitarnya. Meski tanpa pemberitahuan terbuka, rencana kedatangan Iwan Fals sudah tersebar ke telinga fans-fans setianya.


Saya dan para penggemar lain tentu tidak akan melewatkan kesempatan langka ini. Iwan Fals konser di kota tempat tinggal saya, wow..!. Terakhir Iwan Fals tampil di Surabaya pada tahun 2005. Sekitar jam setengah delapan pagi saya sudah tiba di main dealer TVS Jawa Timur di jalan Ahmad Yani Surabaya. Disitulah tempat dimana Iwan Fals akan ramah tamah dengan para pembeli sepeda motor buatan India ini dan para undangan. Namun gedung yang cukup besar itu terasa didominasi oleh para penggemar Iwan Fals dengan segala macam atribut yang dipakainya.

Menunggu beberapa saat, lalu Iwan Fals dan rombongan datang memasuki ruangan showroom dengan sambutan yang sangat meriah. Acara ramah tamah ini diisi dengan sambutan ringan serta tanya jawab dengan pemilik sepeda motor TVS dan fans. Dalam sesi ini disinggung mengenai album baru yang sekarang sedang dikerjakan, dan dijadwalkan pada Januari 2010 sudah siap edar. Semoga rilisnya tidak mengalami penundaan. Album terakhir Iwan Fals adalah 50:50 yang rilis pada tahun 2007, meski pada 2009 ini dia juga mengeluarkan mini album yang berisi hanya dua lagu, namun saya menganggap mini album ini hanya selingan bukan album utama.

Lalu diujung acara adalah penampilan Iwan Fals bernyanyi dengan gitar akustiknya. Dalam tour ini dia tampil bersama Totok Tewel, gitaris mantap yang tergabung dalam Iwan Fals & Band. Jadilah nyanyian Iwan Fals dengan gitarnya yang beriringan lewat permainan cantik gitar bolong Totok Tewel membuat lagu-lagu yang dibawakan begitu bersemangat. Penggemar Iwan Fals tak ketinggalan membuat suasana semakin meriah. Didalam ruangan itu Iwan dan Totok membawakan 4 buah lagu yaitu: Kuda Coklat (theme song TVS), Bunga Kehidupan, Hio dan Katakan Kita Rasakan. Usai penampilan ini, Iwan Fals dan rombongan pamit kembali ke hotel.

Saya dan kawan-kawan penggemar lumayan terhibur dengan penampilan singkat ini. Tapi apakah sudah selesai?. Ternyata belum... karena masih ada yang ditunggu-tunggu lagi. Dipelataran parkir depan dealer motor ini sudah siap panggung dengan lebar sekitar 10 meter. Ini dia puncaknya!. Sore harinya TVS akan menggelar mini konser gratis Iwan Fals. Jadilah banyak fans setia Iwan Fals lebih memilih menunggu sampai dia kembali meskipun siang itu Surabaya sedang panas-panasnya.

Dalam penantian ini, diatas panggung kita dihibur oleh band pembuka dan sedikit lawakan. Menjelang pukul setengah lima sore, Iwan Fals dan rombongan datang kembali ke dealer yang terletak ditepi salah satu jalan utama tersibuk di Surabaya. Langsung saja dia dan Totok Tewel naik panggung dan membuka mini konser ini dengan koor lagu Doa yang diikuti seluruh penonton yang tidak terlalu padat. Saya masih mudah jalan kesana kemari leluasa tanpa bersenggolan dengan penonton lainnya. Dan tampaknya pengguna kendaraan didepan pelataran parkir ini tidak memahami kalau yang sedang bernyanyi adalah Iwan Fals. Saya lihat tidak terjadi kemacetan yang parah disitu.

Berturut-turut mereka berdua membawakan lagu-lagu yang sangat akrab ditelinga. Dan seperti biasa sebagian besar penonton ikut bernyanyi juga. Hingga tak terasa sayup-sayup adzan Maghrib sudah ditelinga. Iwan lantas menghentikan penampilannya usai lagu ke enam untuk pamit sholat. Di Surabaya saat ini Maghrib jatuh sekitar pukul setengah enam sore.

Dan 15 menit kemudian dia naik lagi kepanggung masih bersama Totok Tewel dan langsung melanjutkan sisa jatah lagu yang harus dinyanyikan. Hari semakin gelap, dan memang panggung tidak disiapkan untuk konser malam hari, maka hanya diterangi dengan lighting yang biasa saja. Namun kondisi ini membuat suasana menjadi lebih berkesan, apalagi saat Iwan Fals menyanyikan lagu Kesaksian dari album kelompok Kantata Takwa yang legendaris itu. Saya merasakan power teriakan Iwan begitu dilepas dalam lagu ini. Seperti seluruh tenaganya dikeluarkan. Penonton ikut hanyut dalam lantang teriakan Iwan dan makna yang sangat dalam dari lagu yang liriknya ditulis oleh alm. WS.Rendra. Stamina Iwan Fals cukup hebat menurut saya sebab dalam tour berhari-hari yang sangat padat jadwalnya dan melelahkan serta rute yang panjang, tenaga Iwan tidak berkurang drastis.

Akhirnya pada pukul 18.15 WIB, mini konser ini harus berakhir. Sepuluh lagu yang dinyanyikan cukup menghibur dan mengobati kerinduan penggemar disini. Dan akhirnya Iwan Fals pamit kembali kepenginapan lalu esok paginya melanjutkan tour ke kota-kota lain di Jawa Timur.

Terima kasih mas Iwan dan semua pihak yang terlibat sehingga acara ini bisa terlaksana dengan lancar, tertib, tanpa halangan, kami cukup senang hari ini. Oiiiiiiiiii.....!!!(SB)

Iwan Fals Tur TVS – Jawa Timur
Surabaya, 24 Oktober 2009
Main Dealer TVS Jawa Timur
Jl. Ahmad Yani 36 A, Surabaya

Daftar Lagu Mini Konser:
1.Doa; 2.Belum Ada Judul; 3.Kuda Coklat (theme song TVS); 4.Seperti Matahari; 5.Bunga Kehidupan; 6.Bangunlah Putra Putri Pertiwi; ---Sholat Maghrib disik 'rek!---; 7.Tikus Tikus Kantor; 8.Hio; 9.Kesaksian; 10.Katakan Kita Rasakan

Iwan Fals: Vocal, Gitar Akustik
Totok Tewel: Gitar Akustik, Backing Vocal

7 comments:

  1. Sukses Bang Iwan! Salam Oi..........!!!

    ReplyDelete
  2. merinding bang kemarin

    ReplyDelete
  3. Wah.... Seru tuh.

    ReplyDelete
  4. Wew aku ada di depan ndiri, depannya bang iwan. tapi sayang gak kecipratan ludahnya. hhe . . .
    salam kenal dari oi pasuruan

    ReplyDelete
  5. sy kmarin liat ps doi di psuruan. jpret sna-sni iwan fals. puas2in foto. mmpung lngsung! cm g dpet tnd tngan n foto baren sm iwan fals. g mau pulang cuma dengan tangan ksong, liat mas emanuel hertoto bebas dari pnggemar n bodyguard, langsung serbu! minta tnd tngan n foto bareng! cool. tak ada rotan akar pun jadi. slam kenal bwt smuanya OI n iwanfalsmania.

    ReplyDelete
  6. Liputan Tour TVS Iwan Fals di Blitar bisa dilihat di http://bpkoiblitar.wordpress.com/2009/10/28/iwan-fals-kunjungi-blitar/

    ReplyDelete
  7. alhamdulillah bang iwan sukses2 selalu dgn mini konser di SBY..dikemudin hri q tggu kdtangan bang iwan di mojokerto...

    ReplyDelete

IWANFALSMANIA.COM -> 100% Iwan Fals. Ini bukan situs official.
Komentar di iwanfalsmania.com dimoderasi, harap maklum. Asal bukan spam dan keluarganya, pasti komen Anda kita tayangkan :).

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...