Konser Bulanan Terakhir Iwan Fals – Keseimbangan

Konser Bulanan Terakhir Iwan Fals – Keseimbangan

Liputan : Fendi Kurniawan
Foto: Fendi dan Rahmad Setiadi
Editing dan Post: SB

Spektakuler!.. Itulah kesan konser bulanan Iwan Fals terakhir di Panggung Kita Leuwinanggung Depok, yang diselenggarakan Sabtu, 26 Desember 2009. PT.Tiga Rambu sebagai penyelenggara acara yang didukung oleh TVS, Telkomsel, Majalah Rolling Stone dan Radio Mustang 88FM memilih tema Keseimbangan untuk konser kali ini.


Konser terakhir ini tidak disia-siakan iwanfalsmania.blogspot.com. Pukul 15.30 WIB konser dimulai setelah Iwan Fals secara simbolis menerima penghargaan dari Adib Hidayat (Managing Direktur Majalah Rolling Stone Indonesia) karena beberapa lagu ciptaannya masuk ke dalam 150 lagu terbaik Indonesia sepanjang masa, termasuk lagu Bongkar ciptaannya bersama kelompok Swami yang menempati urutan pertama dalam daftar itu.

Tata panggung yang megah dengan nuansa warna coklat dan krem itu dibuat tidak seperti biasanya. Ada bagian yang menjorok ketengah lapangan seperti konsep panggung – panggung konser musik besar. Sound system juga terasa lebih menggelegar dibandingkan bulan – bulan sebelumnya. Di lapangan luar area konser dipasang banner – banner tema Panggung Kita sebelumnya serta kilas balik foto – foto Iwan Fals dan para penonton yang terekam lensa kamera dari bulan Januari hingga November.

Iwan Fals membuka konser sore itu dengan lagu Besar dan Kecil (lagu ini menarik karena sempat dianalogikan sebagai lagu perseteruan Buaya vs Cicak). “Wah terima kasih atas doanya, maaf air zam – zamnya kehabisan...”, celetuk Iwan Fals menjawab yel – yel "Bang Haji" yang diucapkan sebagian penonton. Iwan Fals dan istrinya pada tanggal 17 Desember sebelumnya baru saja kembali ke tanah air setelah menunaikan Ibadah Haji.

Sekitar seribu orang memadati kediaman Iwan Fals. Tampak hadir pula Ibu Acin dari Musica, Alexa Band, dan penyanyi yang kini menjadi anggota DPR, Tere di bangku VIP. Sebagian dari penonton menyadari bahwa ini adalah edisi Panggung Kita terakhir sehingga mereka seolah – olah tidak mau kehilangan moment meriah ini. Berturut – turut Iwan Fals and Band membawakan lagu Pulang Kerja, Adzan Subuh Masih Di Telinga, Berapa, Semoga Saja Kau Benar, Tak Pernah Terbayangkan dan Ibu.

Ketika membawakan lagu Adzan Subuh Masih Di Telinga, Iwan Fals berkata, “Lagu ini pula yang seolah mendorong saya untuk naik Haji… ketika lihat Ka’bah… wah….”

Dengan adanya bagian panggung yang menjorok ke lapangan, Iwan Fals memberi kesempatan kepada para personel band untuk “unjuk gigi” lebih dekat pada penonton. Terkadang gitaris Totok Tewel memainkan melody dengan atraktif di venue tersebut. Tak ketinggalan pula pemain bass Heirrie Buchaery ikut tergoda untuk bermain dibagian tersebut. Kehadiran venue tersebut membuat jarak penonton dan Iwan Fals Band semakin dekat. Sayang pemilihan lagu yang berirama lambat membuat sebagian penonton merasa jenuh karena tidak bisa bergoyang seperti biasanya. Beberapa dari mereka bahkan sempat berteriak meminta Iwan Fals membawakan lagu – lagu yang berirama cepat.

Bintang tamu pertama yang hadir sore itu adalah Be3. Trio yang sekarang digawangi oleh Nola, Cynthia Lamusu dan Widi ini dulu bernama AB Three. Mereka bersama Iwan Fals membawakan lagu Emak, Jangan Tutup Dirimu dan single terbaru mereka yang membuat Iwan Fals terkesan dengan lagu tersebut dan meminta Yos (istri Iwan) untuk membeli kasetnya. Lagu berjudul Cinta Sampai Mati itu terasa sangat beda ketika dinyanyikan oleh Iwan Fals.

Kehadiran Be3 yang awalnya terkesan biasa ternyata mampu menghadirkan kolaborasi bagus antara mereka. Sangat jarang Iwan Fals bernyanyi diiringi oleh choir suara perempuan – perempuan yang merdu (pada tahun 2004 Iwan Fals pernah tampil live di TV bersama mereka saat masih bernama AB Three). Bahkan ketika sesi wawancara di akhir acara, Iwan Fals mengatakan bahwa ada keinginan berduet dengan Be3 di album mendatang. Yang menarik ketika mereka menyanyikan lagu Jangan Tutup Dirimu, pada bait “...biarkan hujan turun basahi jiwa yang kering… jangan tutup dirimu...”, ternyata hujan turun dilokasi konser.

Setelah Be3, Iwan Fals membawakan lagu Orang Gila, Mimpi Yang Terbeli dan Bunga Matahari. Pada lagu Bunga Matahari Iwan Fals duet dengan Heirrie Buchaery. Usai menyanyikan lagu itu, Iwan Fals memperkenalkan semua pihak yang bekerja keras mewujudkan konser Panggung Kita sejak akhir 2007 hingga Desember 2009 ini. Diantara mereka adalah Kresnowati, Yos, Cikal, Sheila, Titin dan seluruh crew yang berjumlah 120 orang yang tidak bisa disebut satu persatu. Ucapan terima kasih juga meluncur dari Iwan Fals untuk kerja keras mereka selama ini. Tak ketinggalan pula ucapan terima kasih kepada para Oi dan Falsmania yang setia mengunjungi Leuwinanggung untuk sekedar menikmati acara Panggung Kita.

Tema Keseimbangan terasa pas sore itu ketika Iwan Fals memanggil Ipang and Band yang beraliran Rock and Roll. Mereka berkolaborasi membawakan lagu PHK dan dua lagu dari Ipang & Band yaitu Gak Ada Takutnya dan Ada Yang Hilang. Ipang nampak gugup ketika Iwan Fals menanyakan kenapa membentuk band baru selain band lamanya yaitu BIP. Ipang menjawab bahwa BIP tidak bubar tapi band yang sekarang ini adalah sidejobnya untuk menggarap soundtrack – soundtrack film. Kehadiran Ipang and Band semakin menghangatkan suasana di Leuwinanggung sore itu.

“Ketika naik haji, saya naik pesawat yang Munir meninggal didalamnya…”, kata Iwan Fals mengawali intro lagu Pulanglah. Tampak terasa emosional Iwan Fals begitu tinggi saat membawakan lagu ini. Pulanglah adalah lagu yang khusus dibuat Iwan Fals untuk Alm.Munir Said Thalib, seorang aktivis HAM Indonesia yang dimasa hidupnya sangat kritis pada pemerintah. Munir tewas diracun didalam pesawat Garuda Indonesia saat penerbangan menuju Amsterdam Belanda pada 7 September 2004. Hingga saat ini dalang sesungguhnya dari pembunuhan Munir belum jelas terungkap.

Kemudian dilanjutkan dengan lagu Oh Ya! dari album Swami dan pertunjukan sore itu ditutup dengan lagu Mata Dewa yang dibawakan bersama - sama oleh Iwan Fals, Be3 dan Ipang. Pada penghujung lagu, dari atas panggung perlahan turun backdrop besar yang bertuliskan ucapan TERIMA KASIH dan gambar Iwan Fals serta personel – personel Iwan Fals and Band yang pernah mengiringi konser di Panggung Kita, yaitu Heirrie Buchaery, Edi Daromi, Deni Kurniawan, Totok Tewel, Sonata Klaki dan Cok Rampal.

Tentang Album Baru Iwan Fals di tahun 2010

Di akhir acara, iwanfalsmania.blogspot.com berkesempatan mengikuti conference press yang diadakan Tiga Rambu. Iwan Fals yang didampingi oleh Cikal (putrinya), Be3 dan Ipang membeberkan beberapa rencana di tahun 2010. Iwan Fals membenarkan bahwa Panggung Kita edisi bulan Desember ini adalah yang terakhir diselenggarakan di kediamannya. Ketika ditanya alasan menghentikan konser bulanan di Panggung Kita, Iwan Fals dan Cikal menjawab akan berkonsentrasi penuh mempersiapkan album baru yang akan dilaunching 15 Januari 2010.

Kresnowati (3 Rambu) lalu menjelaskan bahwa album baru yang diberi judul “Keseimbangan” itu hanya akan dijual secara Mail Order dalam bentuk CD yang berisi 15 lagu. Jadi para penggemar yang ingin memiliki CD album baru tersebut harus memesan terlebih dahulu secara online mulai tanggal 15 Januari 2010 melalui website resmi Iwan Fals (iwanfals.co.id).

Nah, untuk sahabat-sahabat Oi dan Falsmania selamat menanti hadirnya album baru Iwan Fals. Mulailah menabung dari sekarang untuk membeli album baru ini, kalau uangnya tidak cukup bisa patungan dengan kawan-kawan yang lain. Tapi jangan pernah berpikir untuk beli yang bajakan ya. Penggemar sejati anti barang bajakan. Penggemar sejati adalah orang bisa menghargai karya cipta.

Sekian rangkaian liputan konser bulanan yang bisa iwanfalsmania.blogspot.com tuangkan disini. Tentu tulisan kami tidak selengkap dan sebagus yang diharapkan, namun kami tetap berusaha berbagi cerita kepada kawan-kawan dengan segala keterbatasan. Terima kasih sudah membaca.. salam. (sb/fk)

------------------------------------------------

Konser Iwan Fals and Band
“KESEIMBANGAN”
Tempat: Panggung Kita – Leuwinanggung, Depok
Hari/Tanggal: Sabtu, 26 Desember 2009
Jam: 15.30 WIB
Bintang Tamu: Be3 dan Ipang and Band

------------------------------------------------

Daftar Lagu:
1.Besar & Kecil
2.Pulang Kerja
3.Adzan Subuh Masih di Telinga
4.Berapa
5.Semoga saja Kau Benar
6.Tak Pernah Terbayangkan
7.Ibu
8.Emak (feat Be3)
9.Cinta sampai Mati (Be3 feat Iwan Fals)
10.Jangan Tutup Dirimu (feat Be3)
11.Orang Gila
12.Mimpi Yang Terbeli
13.Bunga Matahari (feat Heirrie Buchaery)
14.PHK (feat Ipang)
15.Gak Ada Matinya (Ipang feat Iwan Fals)
16.Ada Yang Hilang (Ipang feat Iwan Fals)
17.Sang Petualang (tidak jadi dibawakan)
18.Pulanglah
19.Oh Ya
20.Mata Dewa (Iwan Fals feat Be3 dan Ipang)

------------------------------------------------

Iwan Fals and Band
Iwan Fals: Vocal, Harmonika, Gitar Akustik
Heirrie Buchaery: Bass Elektik, Bass Akustik, Vocal, Backing Vocal
Totok Tewel: Gitar Elektrik, Gitar Akustik
Edi Daromi: Keyboard, Backing vocal
Deni Kurniawan: Drum, Backing vocal.

------------------------------------------------


10 comments:

  1. kasian crew-crewnya g pernah di sebut di sini :D

    ReplyDelete
  2. aduh sayang ane ga bisa dtg kmaren..sedih euy klo ini bner2 trakhir,sepanjang konser bulanan ane cuma dtg 5 kali.

    yoweslah sukses bwat album barunya bang Haji Tanto

    ReplyDelete
  3. Ane sedih banget blom pernah Nonton konser bulanan bang Haji,, rencana sih tahun depan ane mo datang, tapi sayang'y kemaren konser bulanan terakhir....hikz..hikzz :'(

    ReplyDelete
  4. wah kangen terobati, sama liputan ini, gara2 kemarin absen (ada urgent)
    thanks bro... :)

    ReplyDelete
  5. wlw sbgn lagu2 dikonser kemarin berirama lambat, tp terpuaskan dgn aksi "gila"nya si aremania totok tewel yg bener2 gokil khususnya pd lagu "orang gila" & "oh ya"...
    thx's kang buat laporan pandangan matanya...

    ReplyDelete
  6. sumpah gw sneng bangt,bsa hdir diacra konser akhhir tahun wlpun hujan tpi konser tetap berjalan dngan damai.slam oi bekasi timur

    ReplyDelete
  7. MANTAP BGT,kpn lg mulai konser blnan nya yaaa????

    ReplyDelete
  8. gw suka bgt lagu-lagu iwan fals..
    kritis juga.. :)

    ReplyDelete
  9. iwan fals is the best bgt,,,

    salam dari kami anak2 fals not dead 1910..

    korwil jaktim(cakung)

    ReplyDelete
  10. Mantabzzzz....Aku sempat hadir juga waktu itu...ya 26 Des 2009..Konser bulanan terakhir di Panggung Kita Leuwinanggung...potongan karcisnya masih kusimpan seagai kenangan...hehe...

    ReplyDelete

IWANFALSMANIA.COM -> 100% Iwan Fals. Ini bukan situs official.
Komentar di iwanfalsmania.com dimoderasi, harap maklum. Asal bukan spam dan keluarganya, pasti komen Anda kita tayangkan :).

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...