Menunggu Album Baru Iwan Fals 2013

album iwan fals 2013
Seperti kabar yang sudah dipublish banyak media, album baru Iwan Fals akan rilis pada bulan Juni 2013. Dan saking banyaknya media yang memberitakan hal ini, makin banyak pula versi seputar album baru Iwan Fals nanti. Beragam versi berita itu bisa jadi sengaja menjadi 'bumbu' atau memang pernyataan Iwan kepada media yang kurang jelas diterjemahkan. Kita coba mengulas dari sudut pandang iwanfalsmania.com.


Ada media yang mengabarkan album baru Iwan Fals tahun 2013 ini berisi 15 lagu. Media lain menyatakan 18 lagu, bahkan ada yang bilang 20 lagu. Tapi dari sekian banyak versi berita mengenai album baru Iwan Fals, persamaannya adalah Iwan sudah menyiapkan 24 lagu, namun tidak semua dimasukkan ke dalam album terbarunya kelak. Nah jumlah lagu yang dimasukkan itulah yang beragam versinya. Kalau ditanya, penggemar pasti maunya album baru berisi ribuan atau jutaan lagu, hehehe. Tetapi dengan jumlah yang wajar-wajar saja seperti 15 lagu bagi saya sudah cukup menghibur.

Informasi lainnya, suatu waktu Iwan pernah bilang album baru ini akan rilis Januari 2013 namun karena ada kendala maka mundur menjadi bulan Maret 2013. Kemudian hingga akhirnya dalam sebuah konprensi pers di bulan April ini, Iwan mengatakan album baru ini akan rilis pada Juni 2013. Semoga tidak berubah lagi :).

Kebanyakan dari kita tidak begitu paham lika liku proses pembuatan album hingga bisa dinikmati konsumen. Pastinya ribet deh urusan ijin ini itu dan sebagainya. Belum lagi proses rekaman, mixing sampai mendapatkan hasil yang terbaik. Ditambah lagi urusan cover dan sebangsanya yang juga makan waktu. Dan juga masalah pendanaan semuanya yang pasti tidak murah. Tapi kita sebagai penggemar Iwan Fals tidak terlalu mempermasalahkan jadwal rilis album yang mundur. Hanya memang jeda waktu penantian selama 3 tahun dari album sebelumnya, Keseimbangan (tahun 2010) memang cukup lama. Namun selama masa penantian itu, Iwan Fals sangat aktif 'ngamen' dimana-mana sehingga kerinduan penggemar sedikit terobati.

Untuk komposisi lagu dalam album baru Iwan Fals, ini teka-teki yang paling saya suka. Yang sering dikabarkan adalah album terbaru kelak selain berisi lagu baru, juga akan diisi beberapa lagu yang kerap dinyanyikan dalam konser namun belum pernah direkam.

Mengenai yang terakhir ini kita penggemar biasa menyebutnya dengan lagu non-komersil atau lebih akrab dengan istilah 'lagu ghoib'. Mengenai lagu 'ghaib' Iwan Fals pernah saya ulas sedikit pada tulisan Inikah Album Baru Iwan Fals? . Namun lagu 'ghoib' mana yang akan disertakan dalam album baru ini saya tidak tahu. Apakah lagu Negeri Kaya masuk? Sinyal lagu ini masuk album baru pernah disinggung Iwan saat konser di Jogja tahun 2012. Bisa jadi yang masuk album baru adalah lagu 'ghaib' yang rekamannya sudah banyak dimiliki banyak penggemar, atau justru lagu 'ghoib' yang baru sesekali dinyanyikan dikalangan internal dan rekamannya tidak familiar di kalangan penggemar. Dan kalaupun lagu ghoibnya tidak jadi juga tidak masalah, tentu Iwan punya pertimbangan sendiri. Untuk lagu ghoib ini, sekedar mengingatkan kalau pada album Keseimbangan juga dimasukkan beberapa lagu ghoib.

Lalu berita yang sama yang paling banyak ada di media adalah disertakannya lagu mengenai kopi. Seperti kita tahu Iwan Fals sekarang menjadi bintang iklan produk kopi, dan sangat wajar kalau proyek album terbarunya ini mendapat dukungan dari produsen kopi tersebut dimana konser-konser Iwan Fals kini disponsori penuh produk itu.

Namun lagi-lagi kita sebagai penggemar tidak terlalu mempermasalahkan seperti apa nantinya lagu-lagu dalam album baru ini. Mau enak atau jelek bisa dipastikan dalam tempo seminggu sudah ada yang hafal seisi album. Dan kami yakin sudah pasti penentuan komposisi lagu dalam album terbaru Iwan Fals telah dipikirkan matang-matang dari berbagai sisi. Tinggal menunggu waktu saja akankah lagu-lagu tersebut diterima pasar, dipuji atau dicaci.

Dan terakhir mengenai judul album. Informasi dari sebuah media (kapanlagi.com) ditulis album terbaru Iwan Fals tahun 2013 ini akan berjudul RAYA. Disini ada dua persepsi. Bisa jadi yang dimaksud 'Raya' atau 'Rayya' dengan dua huruf 'y'. Karena kalau kedua kata itu diucapkan bunyinya mirip, maka bisa membingungkan penulisnya. Raya, kita sudah paham maknanya. Kalau Rayya, adalah nama anak terakhir Iwan Fals ('Rayya' dengan dua 'y' adalah ejaan nama anak Iwan Fals yang saya ketahui dari berbagai media. Saya tidak tahu ejaan sebenarnya yang tercantum dalam akta kelahiran). Bisa jadi judul album ini menggunakan nama anak Iwan, dan akan ada lagu dengan judul sama mengingat selama ini belum ada lagu mengenai anak ketiga Iwan yang dipublikasikan. Nama kakak-kakaknya (alm. Galang dan Cikal) sudah dijadikan judul lagu. Seingat saya dalam sebuah media, dulu Iwan Fals berkata sudah membuat lagu untuk anak ketiganya yang baru lahir dengan judul Rayalah Rayya. Mungkin lagu ini ikut dimasukkan kedalam album barunya.

Nah, album ini mau pakai judul apapun bagi kita penggemar bukan sebuah masalah. Bahkan album tanpa judul Iwan Fals tahun 1992 malah menjadi salah satu album yang diburu oleh penggemar hingga sekarang.

Sedikit catatan. Mengingat dukungan dari produk kopi, saya berharap sistem penjualan album baru ini akan jauh lebih baik dibanding album sebelumnya. Sehingga penggemar tidak merasa ribet membelinya dan bajakan mp3 album baru Iwan Fals tidak menjadi buruan dibanding album fisiknya.

Seperti itulah pandangan iwanfalsmania.com dalam masa penantian album baru Iwan Fals tahun 2013 ini. Jujur saja rasa kerinduan pada album baru ini tidak terlalu 'tebal' seperti waktu yang lalu. Sebab Iwan Fals sangat rajin konser di banyak kota di Indonesia yang kadang disiarkan langsung melalui TV. Apalagi kini setiap hari kita melihat Iwan Fals berkali-kali di layar kaca juga pada banner-banner iklan raksasa dijalanan bahkan di warung-warung. Juga kicauannya di twitter yang selalu terbaca meski Iwan lebih suka 'monolog' dan 'pelit' berinteraksi dengan penggemar yang tidak dia kenal. Dan kini Iwan Fals 'menghantui' kita dimana-mana... Baik buruknya kita saring sendiri saja. Setidaknya Iwan Fals masih 'ada' untuk berkarya. (sb)

UPDATE:

Launching album baru Iwan Fals - RAYA
Selasa, 25 Juni 2013
Rolling Stone Cafe - Jakarta


Baca juga: klik -> REVIEW ALBUM 'RAYA' - ALBUM TERBARU IWAN FALS 2013


Launching Album Iwan Fals 2013 - RAYA


cover album Iwan Fals 'RAYA'

8 comments:

  1. Album sblmnya mang repot bagi yg tinggal di pulau2 sperti saya, krn musti lewat internet pesannya.

    ReplyDelete
  2. Kapan launching albumnya....

    ReplyDelete
  3. Terima Kasih Atas Infonya .. Numpang Copy-paste ya Tuan, aku kasih sumbernya kok

    ReplyDelete

IWANFALSMANIA.COM -> 100% Iwan Fals. Ini bukan situs official.
Komentar di iwanfalsmania.com dimoderasi, harap maklum. Asal bukan spam dan keluarganya, pasti komen Anda kita tayangkan :).

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...